ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 3 SDN KECAMATAN CAKRANEGARA

NANDA INTRIANTI, UTAMI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 3 SDN KECAMATAN CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Nanda Intrianti Utami_E1E216126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik kelas 3 di SDN Kecamatan Cakranegara. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kecamatan Cakranegara tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III SDN 01, 03, 06, 07, 10, 20, 21, 24, 34 dan 35 Cakranegara. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan empat cara yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan di lokasi penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik sudah berkategori sangat sesuai dan sesuai dengan keterangan mampu dan sangat mampu. Pada perencanaan pembelajaran tematik ada 4 guru yang bernilai sangat baik dan ada 6 guru yang bernilai baik, pada penerapan pembelajaran tematik ada 10 guru yang bernilai sangat baik dan pada evaluasi pembelajaran tematik guru ada 9 guru yang bernilai sangat baik dan 1 guru yang bernilai kurang. Kategori sangat sesuai adalah guru yang sudah sangat mampu dalam menerapkan pembelajaran tematik dengan terlihat unsur tematiknya dalam setiap indikator. Kategori sesuai adalah guru yang sudah mampu dalam menerapkan pembelajaran tematik dengan tidak terlihat unsur tematiknya dalam setiap indikator.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Guru, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:31
Last Modified: 06 Jan 2023 03:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34225

Actions (login required)

View Item View Item