Dampak Penggunaan LKA Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Al Banna Mataram Tahun Ajaran 2021/2022

Ros, diana (2023) Dampak Penggunaan LKA Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Al Banna Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jurnal Rosdiana finish.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penggunaan LKA (Lembar Kerja Anak) yang dapat mempengaruhi perkembangan sosial emosional pada anak kelompok B di PAUD Al-Banna Mataram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan LKA terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD Al Banna Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun (Kelompok B) sebanyak 10 orang anak. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa perkembangan sosial emosional anak selama penggunaan LKA berbeda-beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 anak yang diteliti terdapat 8 anak dalam kategori BSH (berkembang sesuai harapan) dan 2 anak dalam kategori MB (mulai berkembang). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKA tidak berdampak terhadap perkembangan sosial emosional anak di PAUD Al Banna Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan perkembangan sosial emosional anak dengan menggunakan LKA (lembar kerja anak).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sosial Emosional, Lembar Kerja Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:17
Last Modified: 17 Jan 2023 06:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34390

Actions (login required)

View Item View Item