PEMETAAN METODE PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN 2022

DEWI, SETIAWATI (2023) PEMETAAN METODE PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Dewi Setiawati_NIM.E1F018014_PGPAUD2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral di Taman Kanak– kanak Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian survei dengan menggunakan metode pendekatan deskripsi kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan pada penilitian ini yaitu teknik simple random sampling dengan Populasi dalam penelitian ini adalah 3 Gugus TK/PAUD yang ada di Kecamatan Keruak, dengan subyek penelitian sebanyak 30 guru yang mengajar anak usia 5-6 tahun. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket), dan dokumentasi. Analisis data pada penilitian ini menggunakan rumus formula presentase. Adapun hasil penelitian dan pembahasan bahwa pemetaan metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 Tahun di Kecamatan Keruak Tahun 2022. Kegiatan pembelajaran yang diterapkan guru melalui metode simulasi diperoleh hasil analisis data dengan perolehan 95.30%, pada pembelajaran melalui metode karyawisata diperoleh hasil 96.80%, melalui metode bermain peran 97.20%, kemudian pada pembelajaran yang diterapkan guru melalui metode diskusi diperoleh hasil 94.50%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemetaan metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 Tahun lebih banyak ditemukan pada pembelajaran melalui metode bermain peran, metode karyawisata, metode simulasi, dan metode diskusi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode pembelajaran, Nilai agama moral.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:21
Last Modified: 17 Jan 2023 06:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34412

Actions (login required)

View Item View Item