PENERAPAN PERMAINAN KOTAK SORTASI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD BINA GENERASI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ANITA, RAHMAN (2023) PENERAPAN PERMAINAN KOTAK SORTASI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD BINA GENERASI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ANITA RAHMAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelangi oleh kurangnya kemampuan kognitif pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Bina Generasi, sehingga perlu ada inovasi proses pembelajaran dan inovasi yang dipilih adalah pembelajaran dengan menggunakan kotak Sortasi. Rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana menerapkan permainan kotak sortasi untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Bina Generasi. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan permainan kotak sortasi dapat meningkatkan koginitif anak usia 4-5 tahun. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif terhadap peningkatan kemampuan pengenalan geometri dianalisis dengan memberikan skor, kemudian data-data yang berbentuk angka setelah dianalisis dideskripsikan dalam bentuk pembahasan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kotak sortasi dapat meningkatkan pengenalan geometri anak usia dini di PAUD Bina Generasi. Hal tersebut diindikasikan dari peningkatan pengenalan geometri dan ketercapaian indikator kinerja penelitian. Pada siklus I prosentase pengenalan geometri anak mencapai 71,66% kemudian meningkat menjadi 82% pada siklus II. Dengan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan kotak sortasi dapat meningkatkan pengenalan geometri anak usia dini di PAUD Bina Generasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kognitif anak usia 4-5 tahun, Permainan Kotak Sortasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:21
Last Modified: 17 Jan 2023 06:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34413

Actions (login required)

View Item View Item