IDENTIFIKASI PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SE-KECAMATAN AMPENAN TAHUN 2022

MARHENDRA HARYANTO, PUTRA (2023) IDENTIFIKASI PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SE-KECAMATAN AMPENAN TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Marhendra Haryanto Putra_NIM_E1F018046_PGPAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)

Abstract

Alat Permainan Edukatif (APE) penting digunakan untuk memperoleh pemahaman edukasi pada proses pembelajaran anak. APE dirancang secara khusus untuk mengembangkan aspek perkembangan anak salah satunya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja APE yang digunakan, dominan digunakan dan efektif digunakan dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK se-Kecamatan Ampenan tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survei. Teknik sampling yang digunakan yakni teknik proportionate stratified random sampling, dengan populasi sebanyak 129 guru kelompok B dan sampel berjumlah 34 guru kelompok B. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan persentase. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa APE yang digunakan dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun sebanyak 17 APE, kemudian APE yang dominan digunakan sebanyak 8 APE yakni Balok Geometri, Kartu Gambar/Bentuk, Balok Angka, Lego, Puzzle Binatang, Stick Es Krim, Miniatur Buah/Sayuran dan Papan Maze, selanjutnya APE yang efektif digunakan seluruh 17 APE dipercayai guru efektif digunakan dalam mengembangkan kognitif anak. Sekian banyak APE yang tersedia di sekolah, tentu dalam pemanfaatannya dipengaruhi oleh guru, diharapkan guru mampu menyediakan dan memanfaatkan APE dengan maksimal agar nantinya perkembangan kognitif anak mampu berkembang secara optimal

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ampenan, TK, Alat Permainan Edukatif, Kognitif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:22
Last Modified: 17 Jan 2023 06:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34421

Actions (login required)

View Item View Item