DWI CICI, MAYLANI (2023) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KECAMATAN SETELUK. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI DWI CICI MAYLANI (E1F018021).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun yang ada di Kecamatan Seteluk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey. Dengan populasi penelitian seluruh anak usia 4-5 tahun yang ada di Kecamatan Seteluk yang berjumlah 384 anak dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified proporsional random sampling sampel yang berjumlah 80 anak yang terdapat pada 5 sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan teknik observasi dan wawancara, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Adapun pada hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun aspek belajar dan pemecahan masalah di Kecamatan Seteluk berdasarkan hasil rata-rata mencapai 61.00%. Pada aspek berpikir logis mencapai 58.50% dan pada aspek berpikir simbolik mencapai 60.57%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dari ketiga aspek perkembangan kognitif tersebut yang dominan berkembang adalah pada aspek belajar dan pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Perkembangan Kognitif, Anak Usia 4-5 Tahun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 01:11 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 01:11 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34473 |
Actions (login required)
View Item |