IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KECAMATAN SETELUK

DWI CICI, MAYLANI (2023) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KECAMATAN SETELUK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DWI CICI MAYLANI (E1F018021).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun yang ada di Kecamatan Seteluk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey. Dengan populasi penelitian seluruh anak usia 4-5 tahun yang ada di Kecamatan Seteluk yang berjumlah 384 anak dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified proporsional random sampling sampel yang berjumlah 80 anak yang terdapat pada 5 sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan teknik observasi dan wawancara, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Adapun pada hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun aspek belajar dan pemecahan masalah di Kecamatan Seteluk berdasarkan hasil rata-rata mencapai 61.00%. Pada aspek berpikir logis mencapai 58.50% dan pada aspek berpikir simbolik mencapai 60.57%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dari ketiga aspek perkembangan kognitif tersebut yang dominan berkembang adalah pada aspek belajar dan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perkembangan Kognitif, Anak Usia 4-5 Tahun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:11
Last Modified: 18 Jan 2023 01:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34473

Actions (login required)

View Item View Item