“PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII MTsN 2 LOMBOK BARAT”

SIRNI, HADRIWANI (2023) “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII MTsN 2 LOMBOK BARAT”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-SIRNI HADRIWANI-E1A0180093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)

Abstract

Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks bagi siswa untuk belajar menyelesaikan masalah dan berpikir kritis. Multimedia Animaker merupakan aplikasi software yang menawarkan berbagai kemudahan dalam membuat persentasi vidieo pembelajaran berbasis online atau web. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan multimedia animaker terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental atau Eksperimen Semu. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 2 Lombok Barat, sampel penelitian terdiri dari kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol dengan tehnik purposive sampling. Desain penelitian menggunakan pre test post test control grup design. Jenis instrument pengumpulan data yang digunakan berupa bentuk tes dan wawancra. Data hasil belajar IPA kelas VIII diperoleh dari hasil pre test dan post test. Analisis data uji hipotesis dengan menggunkan uji ancova (Analysis of Covariance ) dengan taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan aplikasi SPSS Ver 21.0. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rara pre test untuk kelas eksperimen sebesar 48,20 dan untuk kelas kontrol sebesar 44,60 sedngkan nilai akhir atau post test untuk kelas eksperimen sebesar 77,20 dan untuk kelas kontrol sebesar 70,40. Uji normalitas menggunakan rumus Kolmogrov- Smirnov, uji homogenitas menggunakan rumus levene’s dan uji hipotesis menggunakan ancova. Bedasarkan hasil uji ancova diperoleh nilai rerata kuadrat : 5202,400 dengan drajad bebas : 3 dan nilai f hitung 61,70 > F tabel 4,10 dengan Sig. (p) : 0,000 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka penggunaan model Problem Based Learning berbantuan multimedia Animaker berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII. Kesimpulanya bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan multimedia berpengaruh secara signifikansi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs Negri 2 Lombok Barat tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Problem Based Learning, Multimedia Animaker, Hasil Belajar,Ilmu Pengetahuan Alam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:02
Last Modified: 18 Jan 2023 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34515

Actions (login required)

View Item View Item