PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI VIRUS AUGMENTED REALITY (VAR) UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI KREATIF, KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR TENTANG VIRUS PADA SISWA SMA

PUTRI SRI RIZKI, PARANI (2023) PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI VIRUS AUGMENTED REALITY (VAR) UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI KREATIF, KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR TENTANG VIRUS PADA SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_PUTRI SRI RIZKI PARANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Virus Augmented Reality (VAR) terhadap peningkatkan disposisi kreatif, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi virus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode group posttest pretes design. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa angket dan tes. Subyek penelitian ini adalah 118 siswa yang terbagi dalam 4 kelas X MIPA yang diambil dari populasi kelas X MIPA SMAN 7 Mataram dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data menggunakan uji t, uji korelasi dan uji N-gain. Data kualitatif berupa tanggapan siswa diolah dan dideskripsikan untuk melengkapi data kuantitatif dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada peningkatan disposisi kreatif, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Namun ketiganya tidak menunjukkan adanya korelasi. Penggunaan aplikasi VAR dalam penelitian ini direspon positif oleh siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa apliksi VAR berpotensi didalam meningkatkan disposisi kreatif, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Rekomendasi dari penelitian ini adalah guru bisa menggunakan aplikasi VAR khususnya pada materi virus.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aplikasi VAR, disposisi kreatif, berpikir kreatif, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Jan 2023 09:10
Last Modified: 18 Jan 2023 09:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34549

Actions (login required)

View Item View Item