SEPTIANI PURNAMA, SARI (2023) EFEKTIVITAS MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMAN 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_SEPTIANI PURNAMA SARI_E1A018089.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kesadaran metakognitif dan hasil belajar biologi peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni-September 2022 di SMAN 1 Lingsar. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 4 berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa lembar inventori kesadaran metakognitif dan tes hasil belajar kognitif. Analisis data lembar inventori kesadaran metakognitif dan tes hasil belajar kognitif menggunakan uji paired sample T test. Hasil pengujian lembar inventori kesadaran metakognitif diperoleh nilai thitung 23,906 > ttabel 2,040, sedangkan hasil pengujian hasil belajar kognitif diperoleh nilai thitung 22,307 > ttabel 2,040. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing efektif meningkatkan kesadaran metakognitif dan hasil belajar kognitif peserta didik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Hasil Belajar Kognitif, Kesadaran Metakognitif, Model Inkuiri Terbimbing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 06:50 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 06:50 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34585 |
Actions (login required)
View Item |