IDENTIFIKASI PEMANFAATAN APE DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN PRAYA

DINDI, LISTIAWATI (2023) IDENTIFIKASI PEMANFAATAN APE DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SE-KECAMATAN PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Dindi Listiawati (E1F018018).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui APE apa saja yang dimanfaatkan dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD se-Kecamatan Praya, APE yang dominan digunakan untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD se-Kecamatan Praya, dan aspek kognitif manakah yang dominan dikembangkan dalam pemanfaatan APE di PAUD se-Kecamatan Praya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan metode survei. Populasi dan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik stratified proporsionate random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner terbuka, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus analisis persentase. Adapun hasil penelitian ini yaitu APE yang dimanfaatkan guru dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD se-Kecamatan Praya adalah poster, balok, lego memiliki presentase yang sama yaitu 100% (seluruh lembaga), menara donat 76% (sebanyak 16 lembaga dari 21 lembaga), kartu gambar 85% (sebanyak 18 lembaga dari 21 lembaga), kartu huruf 28% (sebanyak 6 lembaga dari 21 lembaga), miniature 28% (sebanyak 6 lembaga dari 21 lembaga), kostum peran 14% (sebanyak 3 lembaga dari 21 lembaga), menara geometri 9% (sebanyak 2 lembaga dari 21 lembaga), kotak bentuk 9% (sebanyak 2 lembaga dari 21 lembaga), puzzle 71% (sebanyak 15 lembaga dari 21 lembaga), dan kartu angka 85% (sebanyak 11 lembaga dari 21 lembaga). Berdasarkan dari berbagai macam APE yang dimanfaatkan oleh lembaga dalam mengembangkan aspek kognitif maka APE yang dominan dimanfaatkan yaitu poster, balok dan lego. Aspek kognitif yang dominan dikembangkan di PAUD se-Kecamatan Praya yaitu aspek berpikir simbolik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa APE yang digunakan guru dalam mengembangkan kognitif di PAUD se-Kecamatan Praya adalah poster, balok, lego, menara donat, kartu gambar, kartu huruf, miniatur, kostum peran, menara geometri, kotak bentuk, puzzle, dan kartu angka. Dari APE tersebut yang dominan digunakan guru dalam mengembangkan kognitif di PAUD se-Kecamatan Praya adalah APE poster, balok, dan lego. Dari ketiga APE tersebut maka aspek kognitif yang dominan dikembangkan adalah aspek berpikir simbolik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat Permainan Edukatif, Kognitif, AUD.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:41
Last Modified: 19 Jan 2023 06:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34603

Actions (login required)

View Item View Item