PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 MASBAGIK TAHUN AJARAN 2021/2022

Intan, Lestari (2023) PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 MASBAGIK TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Intan Lestari (E1R117013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMPN 1 Masbagik tahun ajaran 2021/2022 pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Masbagik yang berjumlah 320 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 orang, dimana teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pemahaman konsep dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa perempuan berkategori tinggi sebanyak 9,37%, berkategori sedang sebanyak 50% dan berkategori rendah sebanyak 3,12%. Sedangkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa laki-laki berkategori tinggi sebanyak 3,12%, berkategori sedang sebesar 18,75% dan berkategori rendah sebesar 15,62%. Perempuan lebih memahami konsep matematika dibandingkan dengan laki-laki, ini dibuktikan dari nilai rata-rata yang didapat siswa perempuan lebih tinggi yakni 64,00 sedangkan siswa laki-laki hanya 56,69. Serta saat dilakukannya wawancara siswa perempuan lebih dominan dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan peneliti

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemahaman Konsep; Jenis Kelamin; Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:59
Last Modified: 26 Jan 2023 03:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34812

Actions (login required)

View Item View Item