ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 LINGSAR TAHUN AJARAN 2021/2022

RIDHA, SURGANA (2023) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 LINGSAR TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Ridha Surgana_E1R116031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar yang ditinjau dari langkah Polya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 28 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Berdasarkan analisis hasil tes siswa, diperoleh kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa pada setiap butir soal yaitu, kesalahan memahami masalah, kesalahan menyusun rencana, kesalahan melaksanakan rencana, kesalahan memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada keseluruhan soal yaitu kesalahan memahami masalah sebesar 44% dengan kategori cukup, kesalahan menyusun rencana sebesar 36 % dengan kategori rendah, kesalahan melaksanakan rencana sebesar 33% dengan kategori rendah, dan kesalahan memeriksa kembali sebesar 61% dengan kategori tinggi. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar adalah siswa kurang teliti dalam membaca soal maupun dalam menuliskan pekerjaannya, tidak memahami soal atau materi prasyarat baik sifat, rumus atau prosedur pengerjaan soal, keinginan menjawab singkat pada hal yang diketahui dan ditanyakan. Serta siswa tidak terbiasa dalam memeriksa kembali.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis kesalahan; Menyelesaikan soal; Polya; Bentuk Aljabar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Feb 2023 00:29
Last Modified: 10 Feb 2023 00:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35085

Actions (login required)

View Item View Item