PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN B E R B A S I S D I S C O V E R Y L E A R N I N G U N T U K MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

MIFTAHUL, WASLI (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN B E R B A S I S D I S C O V E R Y L E A R N I N G U N T U K MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL WASLI (E1Q018046).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
JURNAL MIFTAHUL WASLI.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (467kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa perangkat pembelajaran berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik SMA. Produk yang akan dikembangkan yaitu berupa silabus, RPP, LKPD dan Instrumen Tes kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik. Materi yang digunakan yaitu elastisitas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Praya semester gasal tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 36 orang peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D, yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar angket respon guru dan peserta didik terkait keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik. Persentase rata-rata hasil validitas perangkat pembelajaran berdasarkan penilaian oleh validator ahli dan validator praktisi adalah 86,13% dengan kategori sangat valid. Rata-rata persentase hasil analisis reliabilitas perangkat pembelajaran adalah 91,75% dengan kategori reliabel. Hasil rata-rata persentase analisis keterlaksanaan pembelajaran dan hasil nilai rata-rata respon peserta didik adalah 83% dan 87% dengan kategori sangat praktis. Hasil rata-rata uji N-Gain kemampuan berpikir kreatif peserta didik diperoleh nilai sebesar 0,60 dengan kategori peningkatan sedang, sedangkan hasil nilai rata-rata uji N-Gain untuk hasil belajar sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis discovery learning yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik SMA

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Discovery Learning, Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Feb 2023 09:22
Last Modified: 16 Feb 2023 09:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35196

Actions (login required)

View Item View Item