KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 PRINGGARATA TAHUN AJARAN 2021/2022 DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATRIKS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Siti Aminatin, Ayunah (2023) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 PRINGGARATA TAHUN AJARAN 2021/2022 DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATRIKS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI AMINATIN AYUNAH E1R017057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ARTIKEL SITI AMINATIN AYUNAH.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (219kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pringgarata dalam menyelesaikan masalah matriks ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent, maka penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive sehingga sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Pringgarata tahun ajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data melalui pemberian tes kemampuan penalaran dan Group Embedded Figures Test (GEFT). Subjek penelitian adalah enam siswa yang terdiri atas satu siswa bergaya kognitif field independent tinggi, satu siswa bergaya kognitif field independent sedang, satu siswa bergaya kognitif field independent rendah, satu siswa bergaya kognitif field dependent tinggi, satu siswa bergaya kognitif field dependent sedang, dan satu siswa bergaya kognitif field dependent rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek bergaya kognitif field independent tinggi memiliki kemampuan penalaran sedang, subjek bergaya kognitif field independent sedang memiliki kemampuan penalaran sedang, subjek bergaya kognitif field independent rendah memiliki kemampuan penalaran tinggi, subjek bergaya kognitif field dependent tinggi memiliki kemampuan penalaran tinggi, subjek bergaya kognitif field dependent sedang memiliki kemampuan penalaran sedang, dan subjek bergaya kognitif field dependent rendah memiliki kemampuan penalaran sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan penalaran, menyelesaikan masalah, gaya kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Feb 2023 10:22
Last Modified: 21 Feb 2023 10:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35200

Actions (login required)

View Item View Item