PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERNYANYI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI TK NEGERI 1 TALIWANG TAHUN 2022

ANDINI PUTRI, SAKIA (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERNYANYI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI TK NEGERI 1 TALIWANG TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANDINI PUTRI SAKIA (E1F018007)22.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL ANDINI PUTRI SAKIA (E1F018007).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (310kB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting untuk masa depan perkembangan anak dan penentu kemajuan pada suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh perlakuan pelaksanaan metode pembelajaran bernyanyi terhadap perkembangan bahasa dan sosial emosional anak kelompok B. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen, pendekatan kuantitatif, dan one group pretest-posttest design dengan subjek penelitian 23 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan teknik analisis data berupa paired samples test dengan bantuan program SPSS versi 16. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ada perbedaan perkembangan bahasa dan sosial emosional antara sebelum perlakuan pelaksanaan metode pembelajaran bernyanyi dengan setelah perlakuan pelaksanaan metode pembelajaran bernyanyi. Perkembangan bahasa dan sosial emosional setelah perlakuan pelaksanaan metode pembelajaran bernyanyi lebih tinggi dari pada sebelumnya, ini dibuktikan dengan rata-rata hasil pre-test perkembangan bahasa 51,60 dan rata-rata hasil post-test perkembangan bahasa 70,00 untuk rata-rata hasil pre-test perkembangan sosial emosional 37,78 dan dan rata-rata hasil post-test perkembangan sosial emosional 56,47. Disimpulkan, ada pengaruh perlakuan pelaksanaan metode pembelajaran bernyanyi terhadap perkembangan bahasa dan sosial emosional anak kelompok B di TK Negeri 1 Taliwang, Sumbawa Barat, Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Pembelajaran Bernyanyi, Perkembangan Bahasa, Perkembangan Sosial Emosional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Feb 2023 10:30
Last Modified: 21 Feb 2023 10:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35244

Actions (login required)

View Item View Item