ANALISIS GAYA BAHASA PADA KUMPULAN PUISI KITA ADALAH SEKUMPULAN PATAH HATI YANG MEMILIH MATAHARI KARYA ASTRI APRIYANI

Rahmat, Irmanto (2023) ANALISIS GAYA BAHASA PADA KUMPULAN PUISI KITA ADALAH SEKUMPULAN PATAH HATI YANG MEMILIH MATAHARI KARYA ASTRI APRIYANI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKIRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Artikel.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan bentuk gaya bahasa dan mendeskripsikan makna gaya bahasa yang terdapat pada kumpulan puisi “Kita Adalah Sekumpulan Patah Hati Yang Memilih Matahari” karya Astri Apriyani. Penelitian ini berjenis deskriftif kualitatif dengan metode content analysis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat empat jenis gaya bahasa yang ditemukan pada kumpulan puisi Kita Adalah Sekumpulan Patah Hati Yang Memilih Matahari karya Astri Apriyani adalah gaya bahasa perbandingan yang tergolong gaya bahasa perumpamaan, metafora, personifikasi. Gaya bahasa pertentangan yang tergolong gaya bahasa hiperbola, paradoks, sarkasme. Gaya bahasa pertautan yang tergolong gaya bahasa erotesis. Gaya bahasa perulangan yang tergolong gaya bahasa ansonasi dan anafora. Pada umumnya gaya bahasa yang digunakan Astri Apriyani pada kumpulan puisi Kita Adalah Sekumpulan Patah Hati Yang Memilih Matahari adalah untuk menggambarkan kisah cinta, ungkapan cinta, kisah persahabatan, dan perjalan hidup.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): gaya bahasa, gaya perbandingan, gaya bahasa pertentangan, gaya bahasa pertautan, gaya bahasa perulangan, puisi
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:07
Last Modified: 22 Feb 2023 01:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35313

Actions (login required)

View Item View Item