PENGEMBANGAN APE BALOK CUISSENAIRE UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA JONGGAT TAHUN 2022

SRI MULIANI, KAMARUDIN (2023) PENGEMBANGAN APE BALOK CUISSENAIRE UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA JONGGAT TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SRI MULIANI KAMRUDIN_E1F018097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Articlel Sri Muliani kamarudi (E1F018097).pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Bermain adalah aktivitas yang dilakukan seseorang yang sifatnya menyenangkan karena dengan bermain aspek perkembangan dapat terstimulasi dengan baik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan alat permainan edukatif untuk menstimulasikan perkembangan kognitif anak secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat permainan edukatif balok cuissenaire guna meningkatkan perkembangan kognitif anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah terbuatnya alat permainan edukatif balok cuissenaire yang terdiri dari balok, tiang penyangga dan kartu warna dengan penerapan menggunakan tahapan permainan yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, yakni terdiri dari persiapan permainan, kegiatan main dan akhir permainan. Hasil penelitian dibuktikan dengan tahap pengembangan I permainan balok cuissenaire terlaksana 50% dengan perkembangan kognitif mencapai 48,16%, pada tahap pengembangan II permainan balok cuissenaire terlaksana 71,87% dengan perkembangan kognitif meningkat menjadi 62,99% dan tahap pengembangan III mencapai 90,62% dan perkembangan kognitif mencapai 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat permainan edukatif balok cuissenaire dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Jonggat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Balok Cuissenaire, Perkembangan Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:14
Last Modified: 28 Feb 2023 02:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35340

Actions (login required)

View Item View Item