PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA RAKSASA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM NURUL IMAN

BELLA, SABATINA (2023) PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA RAKSASA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM NURUL IMAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BELLA SABATINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL BELLA SABATINA.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (239kB)

Abstract

Bermain dapat memperkuat keingatkan,membantu anak memahami sebab akibat serta mengarah mereka untuk menjelahi dunia dan peran mereka di dalamnya.”anak anak belajar segala sesuatunya dari permainan.”Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya penggunaan media permainan untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak secara maksimal.Jenis penelitian ini adalah penelitia pengembangan atau research and devielovment dengan tujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga raksasa guna meningkatkan kemampuan kognitif anak.Metode pengumpulan data adalah obserpasi dan dokumentasi dengan teknik analisis kuantitatif deskriptif.Hasil dari penelitian ini adalah terbuatnya media pembelajaran ular tangga raksasa dengan penerapan menggunakan media ular tangga raksasa.Media ular tangga raksasa ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.Hal ini di buktikan dengan tahap pengembangan I permainan ular tangga raksasa terlaksana 24% dengan kemampuan kognitif anak mencapai 24,16%,pada tahap pengembangan II permainan ular tangga raksasa terlaksana 31% dengan kemampuan kognitif meningkat menjadi 31,75% dan tahap pengembang III mencapai 41% dan kemampuan kognitif mencapai 41,75%.Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa pengembangan ular tangga raksasa dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak klompok A di TK Islam Nurul Iman Sekarbele dan permainan ular tangga raksasa dapat digunakan sebagai alat stimulasi dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ular tangga raksasa,kemampuan kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:14
Last Modified: 28 Feb 2023 02:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35342

Actions (login required)

View Item View Item