BAIQ NOPITA, HANDRA ENI (2023) ANALISIS PENCAPAIAN DIMENSI PENGETAHUAN SISWA SMA PADA MATERI ASAM BASA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI BAIQ NOPITA HANDRA ENI (E1M018016).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
JURNAL BAIQ NOPITA HANDRA ENI.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan tujuan menganalisis pencapaian dimensi pengetahuan siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Terara pada materi asam basa ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini melibatkan 102 siswa sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket gaya belajar dan soal tes pencapaian dimensi pengetahuan siswa. Hasil kevalidan instrumen angket gaya belajar dan soal tes pencapaian dimensi pengetahuan siswa yang diperoleh dari tiga validator yakni berturut-turut 0,81 dan 0,78 yaitu valid dan dapat digunakan untuk mengukur kecenderungan gaya belajar dan tingkat pencapaian dimensi pengetahuan siswa tapi perlu revisi. Hasil penelitian untuk angket gaya belajar menunjukkan bahwa dari 102 siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Terara terdapat 47 siswa (46,08%) yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual, 29 siswa (28,43%) yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial, dan terdapat 26 siswa (25,49%) yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial. Hal ini menunjukkan bahwa gaya belajar dominan yang dimiliki oleh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Terara adalah gaya belajar visual. Pencapaian dimensi pengetahuan siswa berdasarkan gaya belajar didapatkan nilai rata-rata tes 43,42 untuk siswa dengan gaya belajar visual, 40,45 untuk siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 43,33 untuk siswa dengan gaya belajar kinestetik. Hal ini menunjukkan bahwa pencapaian dimensi pengetahuan siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Terara tergolong ke dalam kategori rendah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Analisis, Gaya Belajar, Dimensi Pengetahuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 02:21 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 02:21 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35353 |
Actions (login required)
View Item |