SURYA, ANJANI (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PRAKTIKUM SEDERHANA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI IPA SMAN 1 PRINGGARATA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_SURYA ANJANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
Text
JURNAL SURYAN ANJANI.pdf Download (498kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui: 1) karakteristik modul pembelajaran kimia berbasis praktikum sederhana pada materi laju reaksi dan 2) kelayakan serta kepraktisan modul pembelajaran kimia berbasis praktikum sederhana pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian 4D (define, design, development, dissemination). Penelitian ini dilakukan sampai tahapan pengembangan (development). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pringgarata pada tahun akademik 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa yang diambil secara acak berstrata (stratified random sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas (kelayakan) yang diperoleh menggunakan indeks Aiken (V) sebesar 0,78 dengan kategori valid. Sementara itu, kepraktisan modul pembelajaran yang dikembangkan dapat dilihat dari hasil respon siswa sebesar 84% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis praktikum sederhana pada materi laju reaksi yang dikembangkan bersifat layak dan praktis sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pengembangan, Modul Pembelajaran Kimia, Praktikum Sederhana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 02:21 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 02:21 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35355 |
Actions (login required)
View Item |