ANDI, SULAIMAN (2023) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Andi sulainan .pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
Text
LOA Andi Sulaiman.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Artikel Jurnal Andi Sulaiman.pdf Download (429kB) | Preview |
Abstract
Analisis kesalahan adalah usaha penyelidikan terhadap suatu pristiwa yang menyimpang untuk mencari tahu penyebab terjadinya penyimpangan tersebut. Analisis kesalahan Newman adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengetahui letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMPN 8 Mataram pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dengan subjek yang terdiri dari 6 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes dan wawancara. Kesalahan yang dialami siswa diantaranya:1) kesalahan membaca (siswa tidak dapat membaca kata kunci utama pada soal dengan benar);2) kesalahan memahami masalah ( siswa menuliskan apa yang diketahui namun tidak lengkap);3) kesalahan transformasi (siswa salah dalam memilih operasi yang digunakan untuk menyelesaikan soal);4) kesalahan keterampilan proses (siswa tidak dapat melanjutkan solusi dari penyelesaian soal);5) kesalahan penulisan jawaban siswa salah/tidak lengkap dalam menuliskan jawaban akhir. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa melakukan (1) kesalahan membaca sebesar 70% (2) kesalahan memahami soal sebesar 49% (3) kesalahan transformasi sebesar 72% (4) kesalahan keterampilan proses sebesar 61% (5) kesalahan penulisan jawaban sebesar 41%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Analisis Kesalahan, Kesalahan Berdasarkan Tahapan Newman, Soal Cerita Bentuk aljabar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 02:22 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 02:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35364 |
Actions (login required)
View Item |