PENGGUNAA METODE MIND MAPPING (PETA PIKIR) UNTUK MENINGKATKA KEAKTIFAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII IPS 1 SMAN 9 MATARAM

Rita Jaatul, Arsyah (2023) PENGGUNAA METODE MIND MAPPING (PETA PIKIR) UNTUK MENINGKATKA KEAKTIFAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII IPS 1 SMAN 9 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RITA JANNATUL ARSYAH E1S018068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL RITA JANNATUL ARSYAH E1S018068.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Penggunaan teknik Mind Mapping dapat membantu siswa kelas XII IPS 1 SMAN 9 Mataram mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini memiliki empat tahapan: persiapan, pelaksanaan, pengamatan, dan perenungan. Penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Dalam penelitian ini, teknik analisis data memiliki tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus setiap siklus terdapat dua kali pertemuan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Siklus I pelaksanaan pembelajaran yang diaplikasikan menggunakan metode Mind Mapping sebesar 90% kemudia pada siklus ke II meningkat menjadi 100%. Pada siklus I sebesar 16 (63%) siswa yang aktif belajar memenuhi indikator kemudia pada siklus ke II meningkat menjadi 24 (88%). Pada siklus I ketuntasan keterampilan berpikir krtiis siswa sebesar 18 (67%) kemudia pada siklus ke II meningkat menjadi 23 (85%). Pada siklus I sebanyak 17 (65%) siswa telah memenuhi KKM kemudia pada siklus ke II meningkat menjadi 23 (85%) siswa memenuhi KKM. Sehingga penggunaan metode Mind Mapping (Peta Pikir) dapat meningkatkan keaktifan dan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XII IPS 1 SMAN 9 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mind mapping, keaktifan, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:33
Last Modified: 28 Feb 2023 02:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35368

Actions (login required)

View Item View Item