PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBASIS MEDIA GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS 2 SMAN 2 SELONG

RIZIAN, ASRI (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBASIS MEDIA GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS 2 SMAN 2 SELONG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIZIAN FIX(2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RIZIAN JURNAL.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (431kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran SAVI berbasis media google classroom untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Selong. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, lembar refleksi guru dan siswa, lembar tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran SAVI berbasis media google classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase pelaksanaan pembelajaran 66,6% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 90,4% pada siklus II, dan persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60,6% dan meningkat pada siklus II sebesar 84,8%. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model pembelajaran SAVI berbasis media google classroom pada mata pelajaran sosiologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): SAVI, Google Classroom, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:33
Last Modified: 28 Feb 2023 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35375

Actions (login required)

View Item View Item