MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII.A PADA MATA PELAJARAN PPKN MELALUI METODE LEARNING COMMUNITY DI SMP NEGERI 1 PUJUT

BAIQ ALMALIKA, AGUSTINA DEWI (2023) MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII.A PADA MATA PELAJARAN PPKN MELALUI METODE LEARNING COMMUNITY DI SMP NEGERI 1 PUJUT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAIQ ALMALIKA AGUSTINA DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL BAIQ ALMALIKA AGUSTIBA DEWI.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
TURNITIN BAIQ ALMALIKA AGUSTINA DEWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas VII.A melalui metode Learning Community. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi sekolah sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan mutu dan kinerja guru melalui penelitian tindakan kelas sehingga kualitas, proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn khususnya,dan seluruh mata pelajaran pada umumnya. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua, setiap siklus terdapat empat tahap, yaitu tahap perencanaan tindakan (Planning), penerapan tindakan (Action), mengobservasi dan mengevaluasi proses dan hasil tindakan (Observation and evaluation), dan melakukan refleksi yang diharapkan tercapai (Kriteria keberhasilan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi, partisipan. Hasil penelitian ini diperoleh data penerapan pembelajaran metode Learning Community dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas VII.A pada mata pelajaran PPKn SMP Negeri 1 pujut

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:28
Last Modified: 09 Mar 2023 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35377

Actions (login required)

View Item View Item