ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X SMAN 1 PRAYA TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023

BAIQ HANDINI, LORA PADIAN (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X SMAN 1 PRAYA TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JILID lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
Text
3050-Article Text-14943-1-10-20230215.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LoA Bq. Handini et al 2023.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah materi sistem persamaan linier tiga variabel ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas X SMAN 1 Praya Timur. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa tes gaya kognitif yaitu MFFT (Matching Familiar Figure Test), tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif fast accurate mampu menjalankan 5 indikator Newman dengan benar dan lengkap, dengan tingkat kemampuan tinggi dan sedang dengan persentase 25% dan 75%. Siswa dengan gaya kognitif slow inaccurate hanya mampu menjalankan satu indikator Newman. Sedangkan pada 4 indikator lainnya, belum sepenuhnya tepat dan lengkap, dengan tingkat kemampuan sedang dan rendah dengan persentase 40% dan 60%. Siswa dengan gaya kognitif reflektif mampu menjalankan 5 indikator Newman dengan benar dan lengkap, dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah dengan persentase 41,7%, 25% dan 33,3%. Siswa dengan gaya kognitif impulsif mampu menjalankan 3 indikator Newman dengan benar. Sedangkan pada 2 indikator lainnya, belum sepenuhnya tepat dan lengkap, dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah dengan persentase 21,4%, 28,6% dan 50%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Gaya Kognitif (Fast Accurate, Slow inaccurate, Reflektif, Impulsif)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:57
Last Modified: 17 Mar 2023 08:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35396

Actions (login required)

View Item View Item