IDENTIFIKASI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI PAUD KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2022

ISMI AYUTI, JUSMAN (2023) IDENTIFIKASI PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI PAUD KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ismi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Ismi 3059-Article Text-15067-1-15-20230217.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LoA Ismi Ayuti et al 2023.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Alat Permainan Edukatif (APE) adalah alat permainan yang dibuat secara khusus untuk membantu dalam pendidikan sebagai sesuatu yang bisa digunakan untuk bermain yang berisi nilai edukatif yang tepat dalam mengembangkan aspek perkembangan setiap anak, agar terciptanya suasana yang nyaman dan memperoleh hasil yang diharapkan. Salah satu aspek yang dikembangkan adalah aspek Bahasa khususnya keterampilan berbicara anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui identifikasi penggunaan alat permainan edukatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B di PAUD Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive random sampling dengan sampel 22 guru di 8 sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui APE anak terdapat 19 APE, diantaranya buku cerita bergambar/berseri, boneka tangan/boneka jari, Lotto berpasangan, Alat memasak, alat pertukangan, alat kebun, alat bengkel, balok huruf, kartu kata, kartu angka, kartu huruf, poster huruf hijaiyah, poster gambar binatang, kartu gambar anggota/bagiantubuh manusia, poster gambar buah-buahan, puzzle huruf, puzzle angka, ronche abjad, dan papan huruf hijaiyah. APE yang sangat layak digunakan yaitu APE kartu huruf (77%), APE dominan digunakan yaitu puzzle huruf dan puzzle angka. dikategorikan sering digunakan dan mendapatkan Journal of Clasroom Action Research Mei 2023, Volume 5 Nomor 2, 123-130 124 persentase (95%) dan kartu huruf mendapatkan persentase (86%). Durasi penggunaan APE, kartu angka digunakan selama 15 menit mendapatkan persentase (91%) dan buku cerita bergambar/berseri, puzzle angka digunakan selama 20 menit mendapatkan persenatse (27%). Kartu kata dan puzzle angka digunakan pada kegiatan inti karena mendapatkan persenatse tinggi yaitu (86 %) dan (77%). APE dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat Permainan Edukatif, Keterampilan Berbicara, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Mar 2023 09:06
Last Modified: 17 Mar 2023 09:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35431

Actions (login required)

View Item View Item