UPAYA SEKOLAH DALAM PENGUATAN KARAKTER TOLERANSI ANTAR SISWA (STUDI DI SMP NEGERI 9 MATARAM)

TAUFIK, HIDAYAT (2023) UPAYA SEKOLAH DALAM PENGUATAN KARAKTER TOLERANSI ANTAR SISWA (STUDI DI SMP NEGERI 9 MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Taufik Hidayat_E1B117065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Taufik Hidayat.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya sekolah dalam penguatan karakter toleransi antar siswa di SMPN 9 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian yaitu guru PPKn, guru Pendidikan Agama Islam, guru Pendidikan Agama Hindu, guru Pendidikan Agama Kristen dan guru Bimbingan dan konseling di SMPN 9 Mataram, sedangkan informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, wakasek kurikulum, Ketua Osis dan Siswa di SMPN 9 Mataram. Cara pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data penelitian dilakukan dengan beberapa cara yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan, dan Validasi Data. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya sekolah dalam penguatan karakter toleransi antar siswa di SMPN 9 Mataram dilaksanakan dengan cara Integrasi dalam pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan rutin, kegiatan spontan. Faktor pendukung upaya sekolah dalam penguatan karakter toleransi antar siswa yaitu kemauan dari siswa, prasaran & sarana, dan kerjasama antara pendidik, adapun faktor penghambat upaya sekolah dalam penguatan karakter toleransi antar siswa yaitu lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): sekolah; karakter toleransi; siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:17
Last Modified: 28 Feb 2023 02:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35471

Actions (login required)

View Item View Item