ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023

BAIQ MERY, DAHLIANI (2023) ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAIQ MERY DAHLIANI E1R016015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
Griya_Baiq Mery Dahliani_E1R016015.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika. Analisis data dilakukan berdasarkan teori proses berpikir Ilman ditinjau dari adversity quotient siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan rekomendasi guru mata pelajaran matematika dan diperoleh kelas VIII A MTs Negeri 1 Lombok Barat tahun ajaran 2022/2023 sebagai subjek penelitian. Untuk memperdalam hasil penelitian dipilih 2 siswa dari setiap tipe AQ siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Angket adversity response profle, tes proses berpikir siswa dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pencapaian siswa climber yaitu mampu mengungkapkan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, dalam menjawab cenderung menggunakan konsep yang sudah dipelajari dan mampu menjelaskan langkahlangkah yang ditempuh sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa dengan adversity quotient (AQ) tipe climber cenderung menggunakan proses berpikir konseptual dalam memecahkan masalah matematika. Sedangkan pencapaian siswa camper yaitu mampu mengungkapkan apa yang diketahui dalam soal, kurang mampu mengungkapkan yang ditanyakan dalam soal, dalam menjawab cenderung menggunakan konsep yang sudah dipelajari walaupun tidak lengkap, dan tidak sepenuhnya mampu menjelaskan langkah-langkah yang ditempuh dalam memecahkan masalah sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa dengan adversity quotient (AQ) tipe camper cenderung menggunakan proses berpikir semikonseptual dalam memecahkan masalah matematika

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): adversity quotient, pemecahan masalah, proses berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:17
Last Modified: 28 Feb 2023 02:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35473

Actions (login required)

View Item View Item