KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII MTsN 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

AHLIAH, GHURFAH (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII MTsN 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_AHLIAH GHURFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
Griya_Ahliah Ghurfah_E1R018004.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LoA JURNAL Griya Ahliah Ghurfah.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pola bilangan ditinjau dari tingkat kepercayaan diri siswa kelas VIII MTsN 3 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek penelitian yaitu 6 siswa. Adapun untuk teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu kuisioner, tes, dan wawancara dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kepercayaan diri, tes kemampuan pemecahan masalah, serta pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kepercayaan diri tinggi dan kepercayaan diri sedang mampu melaksanakan tahapan memahami masalah, tahapan menyusun rencana penyelesaian, tahapan melaksanakan rencana penyelesaian, dan tahapan melihat kembali. Sedangkan, subjek dengan kepercayaan diri rendah hanya mampu melaksanakan tahapan memahami masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika, Kepercayaan Diri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:37
Last Modified: 30 Mar 2023 04:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35495

Actions (login required)

View Item View Item