AHLIAH, GHURFAH (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII MTsN 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_AHLIAH GHURFAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
Text
Griya_Ahliah Ghurfah_E1R018004.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
LoA JURNAL Griya Ahliah Ghurfah.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pola bilangan ditinjau dari tingkat kepercayaan diri siswa kelas VIII MTsN 3 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek penelitian yaitu 6 siswa. Adapun untuk teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu kuisioner, tes, dan wawancara dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kepercayaan diri, tes kemampuan pemecahan masalah, serta pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kepercayaan diri tinggi dan kepercayaan diri sedang mampu melaksanakan tahapan memahami masalah, tahapan menyusun rencana penyelesaian, tahapan melaksanakan rencana penyelesaian, dan tahapan melihat kembali. Sedangkan, subjek dengan kepercayaan diri rendah hanya mampu melaksanakan tahapan memahami masalah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika, Kepercayaan Diri. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 04:37 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 04:37 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35495 |
Actions (login required)
View Item |