ERA, MUTIARA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMAN 1 AIKMEL. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
ERA MUTIARA_E1A019028_SKRIPSI_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
ERA MUTIARA_E1A019028_ARTIKEL.pdf Restricted to ["security_typename_anyone" not defined] Download (168kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi biologi siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Aikmel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yaitu Quasy Experimental (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purpossive sampling, sehingga diperoleh kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan literasi biologi adalah tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan anacova dengan taraf signifikansi 5% dengan bantuan program SPSS 23 for Windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi biologi siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Aikmel
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, Literasi Biologi, Macromedia flash. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 04:36 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 04:36 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35512 |
Actions (login required)
View Item |