HUBUNGAN LITERASI KELAUTAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IX SMPN 04 KERUAK, LOMBOK TIMUR TAHUN 2022

UMMI AULIYA’, AMALINA (2023) HUBUNGAN LITERASI KELAUTAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IX SMPN 04 KERUAK, LOMBOK TIMUR TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI UMMI AULIYA' AMALINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
1190-Article Text-5327-1-10-20230210.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Laut memiliki sumber daya yang sangat melimpah yang jika di dikelola dengan baik dapat menunjang keberlangsungan hidup dan ekosistem. Mengelola laut diperlukan literasi kelautan yang baik. Literasi kelautan merupakan pengetahuan tentang laut. Literasi kelautan perlu dikembangkan dalam pembelajaran untuk membuat siswa sebagai generasi penerus melek laut. Disamping itu, hasil belajar IPA penting untuk diketahui sebagai tolak ukur sejauh mana penguasaan siswa terhadap pembelajaran IPA untuk memahami fenomena alam baik daratan maupun lautan, sehingga penting juga untuk dilihat bagaimana hubungan antara literasi kelautan dan hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana tingkat literasi kelautan siswa, hasil belajar IPA siswa, serta hubungan literasi kelautan dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IX di SMPN 4 Keruak menggunakan kuesioner literasi kelautan penelitian Utami (2021) dan kuesioner hasil belajar yang diadopsi dari KD IPA SMP penelitian oleh Utami (2021). Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi siswa kelas IX SMPN 04 Keruak sebesar 24,49 yang kemudian dipersentasekan menjadi 24% tergolong sangat rendah. Hasil belajar siswa diperoleh rerata sebesar 34,1 terkategori rendah, tidak ada siswa yang memiliki nilai diatas KKM sehingga diperoleh nilai P ≤ 59. Hubungan literasi kelautan dan hasil belajar diperoleh nilai signifikansi korelasi sebesar 0.065 dikatakan tidak berkorelasi dengan koefisien korelasi pearson correlation sebesar 0.240 dikatakan berkorelasi lemah. Jika dilihat dari nilai signifikansi memang dikatakan tidak berkorelasi karena diperoleh nilai lebih besar dari rtabel, namun selisihnya sangat kecil yaitu sebesar 0.01 sehingga jika dilihat dari koefisien korelasi dapat dikategorikan berkorelasi lemah antara tingkat literasi kelautan dan hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): hubungan, literasi kelautan, hasil belajar IPA, SMPN 4 Keruak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:35
Last Modified: 30 Mar 2023 04:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35515

Actions (login required)

View Item View Item