M. Guntur, Sambaralam (2023) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS IX SMPN 1 LAPE. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_M. GUNTUR SAMBARALAM_E1B018048.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
JURNAL_M. GUNTUR SAMBARALAM.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
Disiplin belajar adalah bentuk ketaatan, kesadaran dan kemauan siswa untuk menaati peraturan tertulis dan tidak tertulis yang berlaku, dengan tujuannya adalah untuk menimbulkan perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan keterampilan siswa untuk menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga suasana belajar yang menjadi lebih efektif serta tujuan pembelajaran tercapai. Dalam penelitian ini, disiplin belajar dibagi menjadi empat sub indikator, yaitu disiplin belajar, disiplin mengatur waktu, disiplin menyelesaikan tugas, dan disiplin menegakkan tata tertib sekolah. Terciptanya suasana belajar yang kondusif dan efisien sangat dipengaruhi oleh sikap disiplin belajar yang diterapkan siswa dalam kesehariannya, sehingga mampu menunjang hasil belajar menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar PPKn pada siswa kelas IX SMPN 1 Lape. Menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional, kemudian mengambil sampel dari siswa kelas IX SMPN 1 Lape. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling serta teknik dokumentasi dan kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan datanya. Dari hasil pengujian hipotesis, dapat dinyatakan bahwa terdapat korelasi antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn yaitu sebesar 0,660 > 0,266. Oleh karena itu dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas IX SMPN 1 Lape tahun pelajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | disiplin belajar, hasil belajar, PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 04:33 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 04:33 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35642 |
Actions (login required)
View Item |