RAHMA, WATI (2023) ANALISIS TINGKAT BERPIKIR GEOMETRI SISWA MENURUT TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI KELAS IX SMPN 7 MATARAM TAHU N PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
Text
Jurnal Rahmawati_E1R018065_Pend.MTK.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat berpikir geometri siswa menurut teori van Hiele ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IX A, IX B, dan IX C SMPN 7 Mataram tahun pelajaran 2022/2023 yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket gaya belajar dan tes tingkat berpikir geometri van Hiele. Teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik analisis data angket gaya belajar dan teknik analisis data tes tingkat berpikir geometri van Hiele. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar yang dominan dimiliki oleh siswa adalah gaya belajar auditorial dibandingkan dengan gaya belajar visual dan kinestetik. Siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial berada pada tingkat 1 (analisis). Siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial sudah mampu mengidentifikasi suatu bangun ruang sisi datar berdasarkan karakteristik visualnya, mampu menentukan sifat-sifat suatu bangun ruang sisi datar dan kesamaan sifat beberapa bangun ruang sisi datar. Siswa dengan gaya belajar kinestetik sudah mampu mengidentifikasi suatu bangun ruang sisi datar berdasarkan karakteristik visualnya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | tingkat berpikir geometri, teori van Hiele, gaya belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 04:33 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 04:33 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35645 |
Actions (login required)
View Item |