PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BUNGA MAJEMUK DAN ANUITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

UMAY, RAH (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BUNGA MAJEMUK DAN ANUITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI UMAYRAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL UMAYRAH.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning pada pembelajaran bunga majemuk dan anuitas serta mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 2 Mataram tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan true experimental tipe posttest only control group design. Populasi penelitian yaitu siswa kela XI SMK Negeri 2 Mataram dengan sampel kelas XI RPL 2 sebagai kelas eksperimen dan XI RPL 1 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data berupa statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model problem based learning pada pembelajaran bunga majemuk dan anuitas terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 2 Mataram tahun ajaran 2022/2023, dimana pengaruh yang diberikan termasuk kategori besar dengan nilai keberartian sebesar 0,6; 2) penerapan model problem based learning pada pembelajaran bunga majemuk dan anuitas di kelas XI SMK Negeri 2 Mataram tahun ajaran 2022/2023 meningkatkan motivasi siswa, mengembangkan kemampuan siswa dalam mengorganisasi dan memecahkan masalah, meningkatkan kecakapan siswa dalam berkomunikasi, serta meningkatkan keaktifan dan aktivitas siswa dalam belajar

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Based Learning, Bunga Majemuk, Anuitas, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:33
Last Modified: 30 Mar 2023 04:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35646

Actions (login required)

View Item View Item