ANALISIS KESALAHAN DAN SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS VII MTs JIHADUL UMMAH NW WAKER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

NUR, AZIZA (2023) ANALISIS KESALAHAN DAN SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS VII MTs JIHADUL UMMAH NW WAKER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI CD (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Aziza.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dan bentuk scaffolding yang diberikan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Analisis kesalahan dilakukan berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dan didapatkan kelas VIID MTs Jihadul Ummah NW Waker tahun pelajaran 2022/2023 sebagai subjek penelitian. Untuk memperdalam hasil penelitian dipilih 6 siswa. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil tes tertulis setelah diberikan scaffolding diperoleh persentase kesalahan siswa pada tiap jenis kesalahan yaitu; jenis kesalahan reading 1,85% dengan kategori sangat rendah, jenis kesalahan comprehension 1,85% dengan kategori sedang, jenis kesalahan transformation 13,8% dengan kategori sangat rendah, jenis kesalahan process skill 20,8% dengan kategori rendah dan jenis kesalahan encoding 19,4% dengan kategori rendah. Persentase kesalahan yang dilakukan siswa pada tes pertama dan tes kedua setelah diberikan scaffolding dalam menyelesaikan soal cerita mengalami penurunan, dalam hal ini memperlihatkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita materi pecahan setelah diberikan scaffolding tergolong baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis kesalahan Newman, pecahan, scaffolding, soal cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:33
Last Modified: 30 Mar 2023 04:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35651

Actions (login required)

View Item View Item