ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MATARAM

Alvi Suciarti, Rizqiani (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ALVI SUCIARTI RIZQIANI_E1R016007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Alvi Suciarti Rizqiani_ E1R016007.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal cerita siswa ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah Polya. Jenis penelitian ini adalah desktiptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dan didapatkan kelas VIII C SMP Negeri 13 Mataram. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil tes tertulis kemampuan berpikir kritis siswa dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah berturut-turut adalah 8, 6, 18 siswa. Kemudian dipilih 2 siswa pada tiap kategori untuk mengerjakan soal tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 13 Mataram yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi sangat baik dalam memahami masalah dan merencanakan penyelesaian dan baik dalam tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang baik dalam memahami masalah dan merencanakan penyelesaian, dan cukup dalam melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Sedangkan untuk siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah cukup dalam memahami masalah sedangkan masih kurang dalam merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan sangat kurang pada tahap memeriksa kembali

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Mar 2023 06:09
Last Modified: 12 Mar 2023 06:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35699

Actions (login required)

View Item View Item