PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 MATARAM

AZIZAH, AULYAH (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AZIZAH AULYAH(E1M018013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL AZIZAH AULYAH (E1M018013).pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Mataram sebanyak 277 siswa. Jumlah sampel sebanyak 66 siswa diambil dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan metode tes yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian nilai hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 32,87 dan posstest untuk kelas eksperimen sebesar 67,48 serta nilai rata-rata pretest sebesar 32,07 dan posstest untuk kelas kontrol yaitu 60,19. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis one way ancova dan menunjukkan bahwa nilai F* lebih kecil daripada Ftabel (3,95 ˂ 4,02) sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran blended learning tidak memberikan pengaruh yang lebih baik daripada pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Mataram

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Blended learning, hasil belajar, kelas XI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Mar 2023 06:03
Last Modified: 12 Mar 2023 06:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35708

Actions (login required)

View Item View Item