PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA POWER POINT DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 4 KOTA BIMA TAHUN AJARAN 2022/2023

Fitra, tunisyah (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA POWER POINT DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 4 KOTA BIMA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FITRATUNISYAH_(E1A017025).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI_FITRATUNISYAH_(E1A017025).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada penggunaan media video dengan media power point dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment (Eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA berjumlah 190 siswa yang tersebar dalam lima kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 berjumlah 38 peserta didik, dan kelas eksperimen 2 berjumlah 38 peserta didik. Instrumen tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik adalah tes (pilihan ganda) dalam ranah kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata post-test antara kelas ekperimen 1 dengan menggunakan media video dan kelas ekperimen 2 dengan menggunakan media powerpoint, untuk nilai rata-rata posttest pada kelas media video sebesar 87,07 dan kelas media powerpoint sebesar 79,15. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (15,5 > 1,68), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada penggunaan media video dan media powerpoint dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas X IPA SMA Negeri 4 Kota Bima tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Video, Media PowerPoint, Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:30
Last Modified: 30 Mar 2023 04:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35772

Actions (login required)

View Item View Item