Pengaruh Dewan Komisaris, Komite Direksi dan Enterprise Risk Management Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan

Budi, Santoso (2020) Pengaruh Dewan Komisaris, Komite Direksi dan Enterprise Risk Management Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan. Pengaruh Dewan Komisaris, Komite Direksi dan Enterprise Risk Management Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan, 30 (4). pp. 945-957. ISSN ISSN : 2302-8556

[img]
Preview
Text
E-Jurnal Akuntansi Vol 30 No 4, April 2020.pdf

Download (262kB) | Preview
Official URL: https://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article...

Abstract

Penelitian ini menguji apakah terdapat pengaruh dewan komisaris, komite manajemen risiko sebagai salah satu komite direksi dan pengungkapan enterprise risk management terhadap nilai perusahaan. Sampel penelitian yang digunakan adalah 31 perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan random effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite manajemen risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan pengaruh dewan komisaris dan pengungkapan enterprise risk management tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi manajemen perusahaan maupun regulator untuk mendorong pembentukan komite manajemen risiko untuk untuk penerapan manajemen risiko yang efektif.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Dewan komisaris; komite manajemen risiko; pengungkapan manajemen risiko perusahaan; nilai perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Drs Budi Santoso M.Com., Ph.D
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:30
Last Modified: 30 Mar 2023 04:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35782

Actions (login required)

View Item View Item