PENGEMBANGAN MEDIA PAKAPIN (PAPAN KANTONG PINTAR) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADUSISWA KELAS I SDN TAPON TAHUN AJARAN 2022/2023

KUR, NIA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PAKAPIN (PAPAN KANTONG PINTAR) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADUSISWA KELAS I SDN TAPON TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KURNIA (E1E217093).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran berupa media Pakapin (Papan Kantong Pintar) yang akan membantu menunjang keberhasilan belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas I sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Reseacrh and Development) melalui model yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch yaitu model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Penelitian dilakukan di SDN Tapon, Kecamatan Pringgarata. Alat pengumpulan data menggunakan tiga instrumen yaitu observasi, kuisioner/ angket dan dokumentasi. Perbedaan media ini dengan media pada penelitian-penelitian sebelumnya yaitu terletak pada bentuk dan isi dari media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, media layak digunakan dengan hasil uji validasi media mendapat persentase 90% dengan kriteria sangat layak, hasil uji validasi materi mendapat persentase 90% dengan kriteria sangat layak, uji validasi responden siswa dengan memberikan angket pada uji coba kelompok kecil tahap I mendapat persentase 89,58% dengan kriteria sangat baik, uji coba tahap II mendapat persentase 90,17% dengan kriteria sangat baik dan uji coba tahap III mendapat persentase 95% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka media Pakapin (Papan kantong Pintar) dinyatakan sangat layak untuk digunakan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan, Pakapin, Tematik, model ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:28
Last Modified: 30 Mar 2023 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35791

Actions (login required)

View Item View Item