Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat (Desa Sandik Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat)

Akung, Daeng (2022) Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat (Desa Sandik Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat). Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat (Desa Sandik Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat), 1 (1). pp. 42-58. ISSN ISSN : 2829-2847

[img]
Preview
Text
Jurnal OPORTUNITAS Vol 1 No 1, Maret 2022.pdf

Download (276kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/oportunitas...

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat (Desa Sandik Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan pentingnya Alokasi Dana Desa harus disalurkan ke masyarakat Desa Sandik khususnya bidang pemberdayaan serta untuk mengetahui manfaat dari PengelolaanAlokasiDanaDesa(ADD)dalamrangkaPemberdayaanMasyarakatdiDesaSandikKecamatanBatulayarKabupatenLombokBarat.Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepenelitiankualitatifdenganmenguraidatasecaradeskriptif.Teknikpengumpulandatadilakukandenganobservasi,wawancara,sertaStudikepustakaandenganmenggunakanteknikanalisisdatakualitatifmodelMilesdanHuberman(Emzir:2012.129)sepertiReduksidata,PenyajiandatadanPenarikankesimpulanatauverifikasi.HasilpenelitianmenunjukanAlokasiDanaDesadalamrangkapemberdayaanmasyarakatdiDesaSandikadalahdenganpemberianbantuanmodalusahauntukpedagangbakulandanpemberianhonoruntukGuruPAUD.Berdasarkanhasilpenelitiandanjawabanbeberapainformantentuhalinisangatbermanfaatbagimasyarakat,disampinguntuktambahanmodalpengembanganusahabakulanjugasebagaidoronganmotivasiuntukparapedagangsehinggadenganbantuantersebutmasyarakatDesaSandikakanlebihmandiridandapatmemenuhikebutuhandasarhidupmereka.Selainitu,PemberianhonorbagiGuruPAUDtersebutsangatbergunauntukparaGuruyangmemangtidakmemilikipekerjaanlaindiluarpekerjaantersebut,karnaselainuntukmenambahkeperluanbelanjasehari‐hari juga untuk memberikan dorongan semangat supaya para Guru lebih semangat dalam memberikan pembelajaran bagi para siswanya.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Alokasi Dana Desa Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Drs Akung Daeng, M.Si
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:26
Last Modified: 30 Mar 2023 04:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35854

Actions (login required)

View Item View Item