QIQI, QUR’ANNI (2023) PENGEMBANGAN KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA RAUDHATUL JANNAH TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI QIQI QURANNI E1F018077.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
1051-Article Text-4593-1-10-20221221-1.pdf Restricted to ["security_typename_anyone" not defined] Download (415kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kegiatan finger painting yang tepat dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini menggunakan anak kelompok A RA Raudhatul Jannah yang terdiri dari 16 anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi dengan tekhnik analisis kualitatif deskriptif. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tahap Persiapan, Pelaksanaan, Recalling, Observasi, dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap pengembangan I kemampuan motorik halus anak mencapai rata-rata 44,5% dan berada pada kategori mulai berkembang sedangkan pada tahap pengembangan II mulai mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 70,7% dan berada pada kategori berkembang sesuai harapan dan pada pengembangan III meningkat secara optimal dengan nilai rata-rata presentase 91% dan berada pada kategori berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di RA Raudhatul Jannah tahun Ajaran 2022
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Finger painting. Motorik Halus, Anak Usia 4-5 Tahun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 04:25 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 04:25 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35865 |
Actions (login required)
View Item |