HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 3 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2021/2022

NOVI, KURNIAWATI (2023) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 3 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
524-Article Text-2268-1-10-20220517.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan, mengetahui adanya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 3 Gunungsari Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 3 Gunungsari yang terdiri dari 2 kelas dan objek hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar, masing-masing memiliki siswa 24 jadi jumlahnya 84 siswa. Data motivasi belajar di kumpulkan dengan instrumen berbentuk angket sedangkan hasil belajar yang dikumpulkan menggunakan rapot siswa hasil belajar IPS kelas IV. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikian antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 3 Gunungsari dengan hasil perhitungan diperoleh rhitung > rtabel (0,540 > 0,284) dengan koefisien determinasi sebesar 29,16%. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 3 Gunungsari yang pada rentang nilai 0,40-0,599, dan memiliki hubungan yang cukup tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:23
Last Modified: 30 Mar 2023 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35934

Actions (login required)

View Item View Item