PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS ANDROID DENGAN APLIKASI ADOBE ANIMATE UNTUK PEMAHAMAN KONSEP SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 8 MATARAM

NI KADEK MARDIANI, PUSPAYANTI (2023) PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS ANDROID DENGAN APLIKASI ADOBE ANIMATE UNTUK PEMAHAMAN KONSEP SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 8 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NI KADEK MARDIANI P_E1A018064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_Ni Kadek Mardiani P_E1A018064.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Keterbatasan sarana dan prasarana sebagai kendala dalam pelaksanaan praktikum uji golongan darah di SMA Negeri 8 Mataram, menyebabkan pelaksanaan praktikum tidak pernah dilaksanakan. Melihat pentingnya pelaksanaan praktikum terhadap pemahaman konsep sains peserta didik, media laboratorium virtual dipilih sebagai alternatif solusi untuk permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa laboratorium virtual berbasis android pada sub materi golongan darah pada bab sistem sirkulasi yang valid, praktis, dan juga efektif terhadap pemahaman konsep sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development dengan model ADDIE. Uji coba dilakukan melalui validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba pada kelompok kecil (uji keterbacaan) dan kelompok besar (uji kepraktisan media dan keefektifan melalui pretest dan posttest). Implementasi dilakukan kepada 53 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Mataram. Hasil uji validasi ahli materi dan ahli media diperoleh nilai rata-rata skor 81% (valid). Kepraktisan media laboratorium virtual secara keseluruhan diperoleh nilai rata-rata skor 84,72% (sangat praktis). Efektivitas media laboratorium virtual terhadap pemahaman konsep sains materi golongan darah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 8 Mataram adalah cukup efektif dengan %N-Gain adalah 69%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): efektif, laboratorium virtual, pemahaman konsep sains, praktis, valid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:23
Last Modified: 30 Mar 2023 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35936

Actions (login required)

View Item View Item