PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMPN 5 MATARAM

NI NYOMAN NOPIANTARI, SASMITA (2023) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMPN 5 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Ni Nyoman Nopiantari Sasmita_E1A018065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
3023-Article Text-14928-1-10-20230215.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 5 Mataram pada materi klasifikasi makhluk hidup. Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar biologi khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup dapat mempermudah siswa menyerap bahan pelajaran, lebih mengenal kondisi lingkunganya, mengetahui lingkungan sebagai sumber belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti melaksanakan penelitian dengan dua kelas, satu kelas menjadi kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Mataram dengan sampel siswa kelas VII A dan VII B yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil menunjukkan rata-rata nilai hasil post-test kelas eksperimen 74,2 dengan kategori baik sedangkan kelas kontrol yaitu 65,6 kategori baik. Hasil analisis data thitung>ttabel yaitu sebesar(3,774>2,449) dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar biologi pada materi klasifikasi makhluk hidup berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, klasifikasi, lingkungan sekolah, sumber belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:23
Last Modified: 30 Mar 2023 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35938

Actions (login required)

View Item View Item