ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MUATAN IPS KELAS V DI SDN 12 AMPENAN

FIDA, HARIANI (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MUATAN IPS KELAS V DI SDN 12 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FIDA HARIANI_ E1E019117_SKRIPSI - CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
FIDA HARIANI_ E1E019117_SKRIPSI - CD.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIDA HARIANI_BUKU JURNAL_CD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peneliitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada muatan IPS kelas V di SDN 12 Ampenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 12 Ampenan sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Instrumen tes yang diberikan sebanyak 15 butir soal pilihan ganda muatan IPS berbasis HOTS. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dari Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal HOTS diantaranya siswa kesulitan memahami perintah soal, kesulitan memahami arti gambar, kesulitan memahami pilihan jawaban, kesulitan mengetahui arti kata, kesulitan menyesuaikan daftar kata pada soal dengan pilihan jawaban, kesulitan dalam memberikan saran atau solusi, kesulitan dalam menentukan pilihan jawaban, dan kesulitan konsentrasi dalam mengerjakan soal

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesulitan belajar, soal HOTS, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:17
Last Modified: 30 Mar 2023 04:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35950

Actions (login required)

View Item View Item