KETERAMPILAN MENGAJAR GURU MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN DI SDN 3 LABUHAN LOMBOK TAHUN AJARAN 2022/2023

Tasya Marwah, Salsabilla (2023) KETERAMPILAN MENGAJAR GURU MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN DI SDN 3 LABUHAN LOMBOK TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Tasya Marwah Salsabilla.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru dalam mengajar tentunya memiliki keterampilan yang dapat menarik perhatian siswa agar memiliki motivasi dalam mengikuti pelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuannya sehingga terjadi perubahan tingkah laku dalam diri siswa. Berbagai karakteristik siswa tentu berpengaruh dalam pembelajaran sehingga guru harus menyesuaikannya dengan melakukan perencanaan sebelum pembelajaran. Oleh karena itu Keterampilan mengajar guru dalam penelitian ini adalah keterampilan yang harus dikuasai dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Keterampilan mengajar guru dalam melaksanakan pembelajaran yang merujuk untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sesuai dengan penelitian ini. Amanat kurikulum 2013 siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengarah pada berpikir kritis (High Order Thinking Skill) yang dapat membentuk pemikiran, moralitas, dan budi pekerti dalam diri siswa dimana sejalan dengan pembelajaran abad ke-21. Penelitan ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dimana disusun untuk mendeskripsikan gambaran terhadap objek yang hendak diteliti. Penelitian ini mengambil data di kelas IVA dan IVB di SDN 3 Labuhan Lombok tahun ajaran 2022/2023 semester ganjil. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Keterampilan mengajar guru kelas IVA dikategorikan cukup baik karena guru masih memiliki kesulitan dalam pembelajaran. (2) Keterampilan mengajar guru kelas IVB dikategorikan baik. (3) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas IVA telah mencapai kriteria 24% sangat kritis, 32% cukup kritis, dan 44% kurang kritis. Kelas IVB dengan kriteria 28% sangat kritis, 40% cukup kritis, dan 32% kurang kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan Mengajar Guru, Kemampuan Berpikir Kritis, SDN 3 Labuhan Lombok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Apr 2023 05:42
Last Modified: 03 Apr 2023 05:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/35989

Actions (login required)

View Item View Item