PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 07 WOJA KABUPATEN DOMPU

DIAN, NAWAWULAN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 07 WOJA KABUPATEN DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAN NAWAWULAN (E1E018037)_025643.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
2822-Article Text-14018-1-10-20230120 (3).pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SDN 07 Woja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental Desagn dengan tipe Non Equivalen Control Group Design. Populasi dalam peneliatian ini adalah seluruh perserta didik kelas V SDN 07 Woja Kabupaten Dompu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling sehingga sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan peserta didik kelas V B SDN 07 Woja Kabupaten Dompu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t-test dengan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil nilai sig adalah 0,001 xvi dengan kaidah keputusan jika nilai probabilitas sig 2-sides < 0,05 maka diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik Kelas V SDN 07 Woja Kabupaten Dompu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajara CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SDN 07 Woja Kabupaten Dompu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Integrated Reading and Composition, Membaca pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Apr 2023 15:44
Last Modified: 04 Apr 2023 15:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36002

Actions (login required)

View Item View Item