ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU KAITAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 1 GERUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023

SUCI, YATI (2023) ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU KAITAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 1 GERUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUCIYATI E1E218160.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SUCIYATI E1E218160.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya mengajar guru kaitan dengan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 1 Gerung Selatan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SDN 1 Gerung Selatan dan objek penelitian yaitu gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji triangulasi yang terdiri data triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya kaitan antara gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa. Saat proses pembelajaran guru menggunakan kolaborasi atau gabungan gaya mengajar. Gaya mengajar yang di gunakan yaitu gaya mengajar klasik, gaya mengajar teknologis, gaya mengajar personalisasi dan gaya mengajar interaksional. Dari keempat gaya mengajar tersebut guru menggabungkannya dalam proses pembelajaran di mana guru berusaha menyesuaikan kebutuhan siswa saat proses belajar mengajar agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan dapat membangkitkan motivasi siswa. Adapun kategori motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 1 Gerung Selatan masuk kategori cukup baik, karena sudah memiliki beberapa indikator motivasi belajar dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): gaya mengajar, guru, motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Apr 2023 15:44
Last Modified: 04 Apr 2023 15:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36004

Actions (login required)

View Item View Item