PENGARUH TEKNIK THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 2 TENTE

SAFINAH, TULHARIYA (2023) PENGARUH TEKNIK THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 2 TENTE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RESMI 2023 SAFINAH TULHARIYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SINTA 4 SAFINAH TULHARIYA (JCAR).pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik the power of two terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas IV SDN 2 TENTE. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa dengan menggunakan sampel jenuh yang dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil kemampuan awal (pretest) nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 57 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 56,8. Pada data kemampuan akhir (posttest) nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 72,1, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 63,6. Hasil uji-t untuk hasil belajar yaitu nilai thitung = 3447 dan nilai ttabel = 1676, dengan df = n1 + n2 – 2 ialah 48 sehingga thitung = 3447 > ttabel = 1676, maka Ha diterima Ho ditolak. Atau bisa juga dilihat pada nilai sig.(2- tailed) dapat diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh teknik the power of two terhadap hasil belajar siswa muatan IPS Kelas IV SDN 2 Tente. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh uji effect size dari data posttest siswa yang telah dilakukan diperoleh besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0,03. Berarti teknik the power of two memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPS Kelas IV SDN 2 Tente

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, IPS, The Power Of Two
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Apr 2023 15:44
Last Modified: 04 Apr 2023 15:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/36006

Actions (login required)

View Item View Item